Loading...

SETUJUKAH GUBERNUR KE BAWAH DIPILIH DPRD

Sekecil Apapun harus berbuat kebaikan

belajar sadar diri terhadap aturan hukum Tuhan m,aupun Negara

Selasa, 26 April 2011

DUKUNGLAH PEMEKARAN JATIM JADI 2 PROVINSI

JATIM LAYAK MEKAR MENJADI DUA PROVINSI
Tujuan Pemekaran
Apabila kita melihat situs web Departemen Dalam negeri, Provinsi Jawa Timur (Jatim) mempunyai 29 Kabupaten dan 9 Kota dengan Luas wilayah 46,689,64 km2 dan ibukota provinsinya di Surabaya.
Coba kita bandingkan dengan Provinsi-provinsi lain, untuk Pulau Jawa saja yaitu; Jawa Tengah (Jateng) memiliki 29 Kabupaten, 6 Kota, Luas wilayah 32.952.040 Km2. Sedangkan untuk DIYogyakarta meliputi 4 Kabupaten dan 1 Kota dengan Luas Wilayah 3.133,15 Km2. Sedangkan Jawa Barat memiliki 16 Kabupaten dan 9 Kota, dengan Luas Wilayah 36.925,5 Km. Untuk Banten memiliki 4 Kabupten dan 2 Kotamadya dengan Luas wilayah 9.018,64 dan DKI Jakarta mempunyai 1 Kabupaten dan 5 Kota dengan wilayah 740,29 Km. Dengan demikian, maka layaklah, Jatim mekar menjadi dua provinsi karena memiliki wilayah yang paling luas dan membawahi kabupaten dan kota cukup banyak serta SDM dan SDA yang handal.
Tujuan pemekaran yang pokok adalah untuk memudahkan koordinasi dalam birokrasi antara Pemerintahan provinsi dengan Kabupaten-kabupaten dan kota, dan memudahkan pula koordinasi antara Kabupaten-Kabupaten dengan Kecamatan-Kecamatan, dan seterusnya sampai ke pelosok desa-desa. Sehingga jarak antara Pemda Tingkat I dengan Pemda Tingkat II tidak terlalu jauh, maka akan terjalin tata kepemerintahan yang lebih efektif dan efesien serta pemerataan pembangunan sekala besar, biar tidak berkutat di sekitar Surabaya saja dan tentunya akan berpeluang terbuka lapangan pekerjaan juga.
Mengenei pembagian wilayah, sebaiknya dipecah menjadi dua Provinsi yaitu kalau boleh usul dengan nama Provinsi Jatim Barat dan Provinsi Jatim Timur. Adapun Provinsi Jatim Barat, mewilayahi: Ngawi, Magetan, Madiun, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Nganjuk, Jombang, Bojonegoro, Lamongan, Tuban dan Mojokerto dengan Ibukota Provinsinya di Kediri atau di Madiun. Sedangkan Provinsi Jatim Timur dengan mewilayahi: Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bankalan, Pamekasan , sumenep dengan ibukota provinsi tetap di Surabaya.
Tentang pilihan tempat ibukota provinsi Jatim Barat, tergantung kesepakatan para tokoh dan pihak yang berwenang, namun menurut hemat penulis memilih Madiun atau Kediri. Nampaknya Kedirilah yang akan banyak diterima oleh masyarakat, sebagai tempat Ibukota Provinsi karena relative di tengah-tengah dari wilayah Jatim bagian Barat, memiliki wilayah cukup luas, secara histories pernah berdiri kerajaan besar dan jaya pada zamannya dan sebagai kota karesidenan, namun Madiunpun memiliki alternative yang sama pula.

1 komentar: