Powered By Blogger

SETUJUKAH GUBERNUR KE BAWAH DIPILIH DPRD

belajar sadar diri terhadap aturan hukum Tuhan m,aupun Negara

Kamis, 12 November 2009

infokeshtn

/08/2009 16:41:08 - SUDARMADJI, SIDOARJO (L / 41 tahun)

yth bapak / ibu Dokter

saya tugas di Tianjin China sudah 6 blan ini dan akan pulang tgl 16 Sept 2009 , sudah 4 hari ini saya pilex dan batuk , suhu badan normal , saya sudah minum obat dr dokter saya bawa dari surabaya , namun demikian belum ada tanda2 kesembuhan , mohon saran , saya harus minum obat apa lagi yang kiranya bisa saya beli di kota Tianjin , perlu bapak ketahui , sy punya sakit diabet 172 2jam puasa dan darah tinggi 170an , terima kasih bapak/ibu Dokter .
-----
Batuk pilek yang bapak alami sudah berjalan 4 hari ini sebenarnya masih dalam masa akut, biasanya dengan pengobatan yang tepat akan membaik.
Bila seorang dokter dalam pemeriksaannya mencurigai adanya infeksi sebagai penyebab --> akan memberikan obat antibiotik yang sesuai, obat pilek dan batuk.
Apabila batuk pilek itu cukup lama lebih dari 2 minggu atau gejalanya cukup berat biasanya memerlukan pemeriksaan tambahan radiologi (X’Ray) pada sinus dan parunya.
Pastikan bila naik pesawat batuk pileknya sudah sembuh karena bisa menyebabkan nyeri pada telinga saat penerbangan.
Penyakit diabetes yang bapak derita sebaiknya juga diobati secara teratur ke dokter agar kadar gula darahnya terkontrol. Gula darah yang tinggi akan mengakibatkan penyakit infeksi sulit diatasi dengan pengobatan yang cukup

Dr. Ursula Yudith Sawitri, SpTHT-KL
13/08/2009 13:49:57 - NUNUNG, SURABAYA (P / 36 tahun)

Slmt siang dokter,

Saya punya anak usia 2th 4 bln, anaknya secara fisik sehat bahkan terlalu aktif. konsumsi Makan dan susu normal2 saja, hanya yang saya keluhkan mengapa anak saya pilek ndak sembuh2? Saya jadi kasihan kenapa? Apakah ini ada hubungannya dengan THT? Karena terkadang seringkali anak saya telinganya di'usek2 seperti gatal didalamnya gitu... Kadang juga kalo tidur juga terganggu telinganya itu. Saya khawatir nantinya lama2 akan makin pengaruh di pendengaran.

Bagaimana ya dok? Tks
-----
Betul sekali ibu Nunung, keluhan yang terjadi pada anak ibu berhubungan dengan penyakit di THT. Sebaiknya ibu memeriksakan anak ibu ke dr. THT terdekat untuk memastikan. Melihat dari gejalanya sepertinya anak ibu memiliki dasar alergi yang kuat (pilek dan telinga gatal).
Pada anak-anak keluhan ini dapat diperberat dengan adanya pembesaran adenoid (amandel dibelakang hidung) sehingga akan menutup hidung bahkan menutup saluran yang menghubungkan telinga dan hidung disebut tuba eusthacius. Keluhannya biasanya disertai juga dengan mengorok saat tidur, telinga buntu bahkan sakit.
Pada keadaan yang berat memang dapat mengganggu pendengaran dengan terjadinya komplikasi oclusio tuba sampai otitis media pada telinganya.

Dr. Ursula Yudith Sawitri, SpTHT-KL
26/08/2008 18:58:12 - LUSMONG, LAMPUNG (L / 29 tahun)

dok saya sudah 1 bulan menderita infeksi telingga memakai obat tetes tarivid ofloxacin dan H2O2 3% 50 cc dipakai 2x sekali sampai sekarang belum sembuh, kata dokter harus dioperasi, saya tidak mau operasi dok,
1. adakah obat yang lain yang bisa menyembuhkan sakit telingga saya ?
2. obat tersebut sudah saya pakai selama hampir 1 bulan boleh gak saya pakai lagi ?

atas bantuan dokter terima kasih

-----
Penyakit yang anda alami sepertinya infeksi telinga tengah yang kronik ( Otitis Media Kronik atau OMK ).
Penyakit telinga OMK ada 2 jenis yang masih bisa sembuh (reversible), telinga bisa menjadi kering bila sembuh, jenis ini bisa dengan pengobatan saja apabila pasien tidak menghendaki operasi. Walaupun lubang yang ada pada gendang telinga tidak bisa menutup kembali. Hal ini tentunya mengakibatkan pasien sudah tidak boleh berenang lagi, artinya telinga yang sakit sudah tidak boleh kemasukan air, bila kena air maka infeksinya dapat kumat lagi.
Jenis yang kedua adalah yang ireversible, telinga tidak dapat sembuh/kering walaupun sudah diobati dengan maksimal.
Dokter THT dapat membedakan kedua penyakit ini. Sebaiknya jenis ini dioperasi agar tidak lebih memberat.
Perlu diketahui ada satu jenis penyakit OMK lagi yang wajib dioperasi segera, yaitu infeksi telinga yang mengancam komplikasi ke otak, dapat menyebabkan meningitis atau abses otak.
Jadi sdr lusmong tetap harus memeriksakan diri ke THT setempat, apakah infeksi telinganya termasuk yang :
1.wajib dioperasi (bila tidak berbahaya)
2.Sebaiknya dioperasi (tidak akan sembuh/kering tanpa oprasi)
3.Boleh tidak dioperasi (asalkan tidak kemasukan air).
H2 O2 3% maupun Ofloxacin memang umumnya diresepkan dokter THT dan hanya bermanfaat untuk kasus yang ke 3.

Dr. Ursula Yudith Sawitri, SpTHT-KL
22/07/2008 23:44:30 - SUCIARTI, JAKARTA SELATAN (P / 21 tahun)

Assalamualaiku saya remaja berusia 20 tahun saya memilki masalah pada mimisan, sudah setahun belakangan ini saya mengalami mimisan hamper setiap hari, pertama saya sudah mencoba periksa ke dokter tht tapi hasil nya normal, akhirnya dokter merujuk saya untuk datang ke dokter hematology, hasil dari diagnosa pemeriksaan darah adalah :
Trombosit : Giant thrombocyte (++) dan banyak dijumpai giant trombocyte
Dan disarankan untuk pemeriksaan agregasi trombosit
APTT : 47.2
bersambung.......
-----
Mimisan adalah merupakan gejala suatu penyakit.
Pada anak-anak sering terjadi mimisan yang diakibatkan panas tubuh, kelelahan, alergi ataupun korek2 hidung. Hal ini terjadi akibat pecahnya anyaman pembuluh darah arteri di hidung bagian depan. Dengan bertambahnya usia, pembuluh darah akan semakin kuat biasanya mimisan akan jarang terjadi atau menghilang.
Sedangkan mimisan akibat pecahnya pembuluh darah hidung bagian belakang dapat terjadi akibat tekanan darah tinggi, biasa terjadi pada orang dewasa. Penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala mimisan antara lain sinusitis, trauma hidung, tumor hidung, kelainan darah (DHF, Leukemia, Trombositopeni dll.). Untuk menentukannya biasanya dokter THT akan melakukan pemeriksaan hidung, bila perlu dengan endoskopi untuk mencari sumber perdarahan, dan juga bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah dan rongent foto. Apabila ditemukan kelainan pada pemeriksaan darah, misalnya kelainan factor pembekuan darah, kelainan bentuk dan jumlah sel darah yang dapat mempengaruhi proses pembekuan darah, dokter akan mencari lebih lanjut penyakit darah yang menyebabkan.
Semoga membantu.
Dr. Ursula Yudith Sawitri, SpTHT-KL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar